Laju penularan Covid 19 terutama varian delta semakin mengkhawatirkan, beberapa negara telah memutuskan untuk lockdown. Indonesia sendiri melaporkan kasus positif di angka lebih dari 20.000 setiap hari nya dalam beberapa hari terakhir ini. Hal ini membuat pemerintah berupaya untuk menekan laju penularan virus tersebut, salah satu wacana yang telah beredar beberapa hari terakhir adalah pemberlakuan PPKM darurat di Pulau Jawa dan Bali. Skema final PPKM darurat ini sedang digodok dan kemungkinan berlaku antara satu atau dua minggu (3-20 Juli 2021).

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk memimpin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk wilayah Jawa dan Bali.

Untuk aturan lengkap PPKM darurat akan diberitakan secepatnya.

Berikut beberapa bocoran terkait penerapan PPKM Darurat seperti yang disampaikan di dalam laman 

  1. WFH 100% untuk sektor essential, 50% WFO untuk sektor essential dan 100% WFO untuk sektor kritikal. Yang dimaksud sektor essential adalah keuangan dan perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non penanganan karantina covid 19 dan industri orientasi ekspor. Yang dimaksud sektor kritikal adalah energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan, minuman, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.
  2. Kegiatan belajar dan mengajar dilakukan online.
  3. Restaurant dan Mall dibatasi, dimana restaurant hanya melayani delivery dan tidak boleh makan di tempat. Sementara untuk mall hanya boleh terisi sebanyak 25% dari kapasitasnya.
  4. Resepsi pernikahan maksimal 30 orang dan tidak menyediakan makan di tempat.
  5. Tempat ibadah ditutup sementara.
  6. Aktivitas di tempat umum dilarang.
  7. Kegiatan seni/budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan ditutup sementara.
  8. Pelaksanaan kegiatan konstruksi beroperasi 100%.
  9. Transportasi umum dan kendaraan sewa/rental kapasitas maksimal 70%.
  10. Pelaku perjalanan domestik dengan transportasi jarak jauh wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin dosis 1) dan test PCR H-2 untuk pesawat atau antigen H-1 untuk moda transportasi jarak jauh lainnnya.
  11. Vaksinasi untuk daerah yang kasusnya tinggi.
  12. PPKM darurat hanya dilakukan untuk daerah tertentu.

Semoga pandemi ini cepat berlalu dan tidak memakan korban jiwa lagi. Terima kasih kepada para nakes yang telah berjuang dan tanpa lelah menolong banyak pasien dari awal terjadinya pandemi.

Sumber: detikcom, katadatacoid, IDXchannel.com

×