Pandemi yang terjadi setahun belakangan ini mengajarkan kita bahwa segala sesuatu menjadi tidak pasti, terutama masalah ekonomi. Sebenarnya sudah banyak literasi mengenai pentingnya kemampuan money management, namun dalam prakteknya, masih banyak dijumpai kesalahan-kesalahan yang tidak seharusnya terjadi. Berikut rangkuman yang didapat dari MNC Portal Indonesia dan IDX Channel terkait kesalahan financial tersebut, antara lain:

Usia 20-an belum melek literasi keuangan dan mengikuti gengi. Hal ini terjadi ketika seseorang cenderung bersikap reaktif terhadap lifestyle dan trend terkini akibat dari FOMO, sehingga mengedepankan gengsi yang tidak diimbangi dengan pemahaman akan literasi keuangan yang cukup.

Usia 30-an belum punya tabungan atau investasi sama sekali.

Usia 40-an tidak mempersiapkan dana pendidikan anak

Usia 50-an belum memiliki dana pensiun. Sebelum memasuki masa pensiun, pastikan Anda telah menyiapkan dan memiliki dana pensiun. Hal ini dikarenakan seseorang tidak lagi menerima penghasilan tetap setiap bulannya, sehingga dana pensiun ini berfungsi sebagai proteksi diri jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di masa pensiun.

Untuk mengetahui bagaimana cara agar  memiliki tabungan ataupun investasi yang tepat sehingga mendatangkan passive income lebih besar dari pengeluaran bulanan, terus tunggu artikel menarik dari www.pma-indonesia.com selanjutnya.

Sumber: MNC Portal Indonesia, IDX Channel

×